4 Trik ini saya lakukan saat status Dapodik disconnect padahal koneksi internet lancar


aplikasi dapodik disconnect terus padahal internet lancar
Simpan

Beberapa waktu lalu saya mengalamai masalah dalam melakukan sinkronisasi dapodik membuat puyeng kepala, apalagi saat koneksi internet lancar tetapi status Dapodik Disconnect terus.
Ada beberapa hal yang menyebabkan status Dapodik disconnect terus. Salah satunya memang server Nasional-nya lagi error atau maintenance atau overload.
Nah berikut adalah 4 tips mengatasi status Dapodik yang disconnect terus berdasarkan pengalaman saya membantu istri saya.

1. Tanyakan dulu kepada teman sesama OPS

Yang pertama harus anda lakukan jika status Dapodik disconnect sementara internet di rumah anda lancar adalah bertanya kepada sesama OPS.
Jika OPS lain ternyata banyak yang bisa Connect, berarti masalahnya bukan pada server nasional. Melainkan pada aplikasi / setting komputer anda.
Jika OPS lain ternyata statusnya juga DISCONNECT, besar kemungkinan Server Nasionalnya yang sedang erroratau maintenance atau overload.

2. Lakukan Refresh berulang-ulang

Langkah paling mudah untuk mengatasi Disconnect adalah dengan menekan tombol “Refresh” atau “Reload” secara berulang-ulang.
Jika masalahnya tidak serius, biasanya trik ini berhasil. Namun jika masih tidak berhasil juga, lakukan trik berikutnya.

3. Matikan Firewall komputer anda

Kalau anda masih memakai Windows XP caranya adalah sebagai beirkut:
Tekan logo windows –> control panel –> Network and Internet Connections –> Change Windows and Firewall Setting –> pilih OFF –> OK
Kalau anda menggunakan Windows 7 dan di atasnya, caranya sebagai berikut:
Tekan logo windows –> control panel –> System and Security –> Windows Firewall –> Turn Windows Firewall on or off (ada di menu sebelah kiri) –>pilih “Turn Off Windows Firewall” –> OK.
Ketika Firewall dimatikan akan ada tanda merah di layar menu. Jangan takut. Itu nggak apa-apa kok.
Lalu buka lagi aplikasi Dapodik anda dan Refresh. Jika masih Disconnect juga, berarti kasus anda seperti saya. Maka lakukan trik yan terakhir.

4. Install Security KISS Tunnel

dapodik disconnect terus atasi dengan SecurityKISS TunnelBisa didownload di SINI. Setelah di download, kemudian install dan aktifkan. Setelah aktif, buka kembali aplikasi Dapodik anda dalam kondisi Firewall masih OFF dan coba sinkronisasi lagi.
Pastikan anda membuka aplikasi dapodik menggunakan Google Chrome. Soalnya tadi saya membuka pakai UC Browser tetep “Disconnect” terus.
Nah Logikanya itu begini. Kalau anda membuka internet menggunakan jaringan modem atau jaringan internet lain di rumah anda, sama saja anda naik mobil di jalan raya biasa.
Namun dengan menginstal Security Kiss dulu, anda sama dengan melewati jalan tol. Jadi lebih lancar.
Semoga berhasil. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDN Dayeuhluhur 01: PERUBAHAN PROFIL SDN DAYEUHLUHUR 01