MATERI UTS II KELAS
5 SEMESTER II (REVISI 2016)
Tema 6 : Kalor dan
Perpindahannya
Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1
Menerima nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
2.1
Bersikap jujur sesuai nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memilah
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menceritakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
Subtema
1:
Benda-Benda
Penghantar Panas (32 jam pelajaran)
·
Mengamati
gambar urutan proses pembuatan makanan yang diacak - (B.Ind)
·
Mengurutkan
urutan gambar pembuatan makanan dengan tepat - (B.Ind)
·
Membuat
narasi berdasarkan gambar - (B.Ind)
·
Menganalisis gambar
pada saat proses memasak - (IPA)
·
Mengidentifikasikan
benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas - (IPA)
·
Mendemonstrasikan
kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor - (IPA)
·
Mendiskusikan perubahan suhu benda dengan konsep kalor
dilepaskan dan kalor diterima oleh benda - (IPA)
·
Tanya
jawab tentang letak geografis Indonesia dikaitkan dengan suhu udara sesuai
dengan wilayahnya - (IPS)
·
Melakukan
berbagai pola gerak dasar dalam senam - (PJOK)
·
Memahami
perbedaan suhu dan kalor - (IPA)
·
Mengamati
peta tentang karakteristik geografis Indonesia
melalui peta sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris - (IPS)
·
Mengamati karakteristik
kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi - (IPS)
·
Mendiskusikan
karekteristik kependudukan yang berbeda –beda di setiap propinsi dikaitkan
dengan nilai-nilai Pancasila - (PPKn)
·
Mengidentifikasi
skala pada peta tentang wilayah
geografis Indonesia - (Matematika)
·
Membaca dan memahami
konsep skala
- (Matematika)
·
Mendiskusikan hubungan
antara
skala dan jarak yang sebenarnya - (Matematika)
Subtema 2 :
Jenis – Jenis Perpindahan Kalor (32 jam
pelajaran)
·
Mengamati
gambar cerita kehidupan sehari-hari - (B.Ind)
·
Mencocokkan
gambar cerita kehidupan sehari-hari
dengan kelima sila Pancasila (PPKn)
·
Membaca
teks narasi tentang karakteristik
kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran, dan pertumbuhan) - (B.Ind)
·
Mendiskusikan pengaruh negara maritim dan agraris
terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi – (IPS)
·
Memahami
deskripsi tugas gerak kepada setiap pasangan kombinasi pola
gerak dominan (melompat,
menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan gerak
dasar senam menggunakan alat (melompat punggung teman dan melompat boxs lompat, dan kuda-kuda lompat) – (PJOK)
·
Mempraktikkan pola gerak dominan senam
lantai yang dimodifikasi dilandasi nilai-nilai sportivitas, kerja sama, disiplin, dan tanggung jawab – (PJOK)
·
Mendiskusikan
jenis- jenis perpindahan kalor – (IPA)
·
Melihat
kartu undangan bergambar denah tentang lokasi
suatu tempat – (SBDP)
·
Menjelaskan
konsep denah dengan menggunakan skala – (Matematika)
·
Memahami
proses pembuatan gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun) – (SBDP)
Subtema 3: Manfaat Perpindahan Kalor dalam
Kehidupan Sehari-hari (32 jam pelajaran)
·
Menggambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun) yang berkaitan
dengan nilai-nilai Pancasila – (SBDP)
·
Menceritakan kembali peristiwa atau tindakan dengan
memperhatikan latar cerita (komik, karikatur,
kartun) yang berkaitan dengan nilai – nilai Pancasila – (PPKn)
·
Mencocokkan
gambar yang berkaitan dengan perpindahan kalor – (IPA)
·
Menjelaskan
konsep perpindahan kalor secara terurut – (IPA)
·
Menjelaskan
pemanfaatan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari – (IPA)
·
Mengukur
panjang dan lebar beberapa ruang di sekolah – (Matematika)
·
Membuat
denah beberapa ruang di sekolah dengan menggunakan skala tertentu – (Matematika)
·
Melihat
peta luas wilayah Indonesia dengan menggunakan skala tertentu – (Matematika)
·
Menghitung
luas wilayah sebagian provinsi tertentu dengan menggunakan penghitungan skala – (Matematika)
·
Menonton
tayangan video/gambar senam – (PJOK)
·
Membuat
kreasi pola gerakan senam sesuai dengan iringan musik – (PJOK)
·
Mempraktikkan
gerakan senam sesuai iringan musik - (PJOK)
|
Bahasa
Indonesia
3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada
teks nonfiksi
4.8 Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan
latar cerita yang terdapat pada teks fiksi
|
·
Teks
nonfiksi
|
|
Matematika
3.6
Menjelaskan skala melalui denah
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan skala pada denah
|
Denah
dan Skala
·
Menentukan skala dari suatu denah
·
Membuat denah yang
skalanya diketahui
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan
sehari-hari
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
|
Kalor
dan Perpindahannya
·
Suhu
dan kalor
·
Perpindahan
kalor
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
|
·
Letak dan luas Indonesia dalam peta
·
Kondisi alam wilayah Indonesia (iklim, geologi,
bentuk muka bumi, flora, fauna)
·
Karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan,
persebaran, dan pertumbuhan)
·
Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap
kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1 Memahami gambar cerita
4.1 Membuat
gambar cerita
|
·
Gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
·
Proses
pembuatan gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.6 Menerapkan prosedur
kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk
membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
4.6 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk
membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
|
Kombinasi pola gerak
dominan senam lantai:
·
Melompat
·
Menggantung
·
Mengayun
·
Meniti
·
Mendarat
|
Tema 7 :
Benda-benda di Sekitar
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menerima
dengan tulus makna kewajiban, hak, dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat
3.2 Mengemukakan
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Kewajiban,
hak, dan tanggung jawab sebagai sebagai warga masyarakat
|
Subtema 1:
Jenis – jenis
benda di Lingkungan Sekitar (32 jam pelajaran)
·
Menyimak
cerita/video/film/ gambar tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin
tahu dan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa – (PPKn)
·
Membaca
wacana tentang pelaksanaan kewajiban,
hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
dengan rasa ingin tahu dan tanggung jawab – (PPKn)
·
Membaca
teks fiksi dan teks non fiksi – (B.Ind)
·
Membedakan
konsep teks fiksi dan non fiksi – (B.Ind)
·
Menuliskan
konsep-konsep penting pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri – (B.Ind)
·
Mengamati jenis-jenis benda di sekitarnya – (IPA)
·
Membuat
bangun ruang balok dan kubus dari kertas karton – (SBDP)
·
Menghitung
volume bangun ruang balok dan kubus menggunakan rumus – (Matematika)
·
Mengamati
fenomena pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan wujud benda – (IPA)
·
Mengidentifikasi
perubahan wujud benda – (IPA)
· Mengamati
gambar/foto/video/ teks bacaan tentang interaksi sosial dan hasil-hasil pembangunan di lingkungan masyarakat,
serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat – (IPS)
·
Mengamati
beberapa gambar cerita – (SBDP)
·
Membuat
ide baru tentang gambar cerita – (SBDP)
·
Membuat
sketsa gambar cerita berdasarkan ide yang sudah dibuat – (SBDP)
·
Mempraktikkan
gerak melangkah ke berbagai arah dan mengayunkan lengan ke berbagai arah
mengikuti ketukan/tepuk tangan – (PJOK)
Subtema
2:
Perubahan
Benda (32 jam pelajaran)
·
Mencari
informasi dari berbagai sumber belajar tentang pelaksanaan kewajiban, hak,
dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
dengan rasa ingin tahu dan percaya diri – (PPKn)
·
Berdiskusi
tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan kerja sama dan toleransi – (PPKn)
·
Membaca
teks bacaaan non fiksi – (B.Ind)
·
Membuat
catatan tentang konsep penting yang ditemukan
dari setiap paragraf – (B.Ind)
·
Memaparkan
konsep penting yg ditemukan dari setiap paragraf pada teks bacaan non fiksi – (B.Ind)
· Mengumpulkan
informasi dari sumber lain tentang interaksi sosial di lingkungan masyarakat
serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi
masyarakat – (IPS)
·
Membuat
bangun ruang balok dan kubus dari kertas karton – (SBDP)
·
Mengenal
rumus volume balok dan volume kubus – (Matematika)
·
Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan suhu dan wujud benda akibat perpindahan kalor
– (IPA)
·
Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud
benda – (IPA)
·
Mengidentifikasi jenis perubahan wujud benda – (IPA)
·
Memainkan
alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor – (SBDP)
·
Mempraktikkan
gerak melangkahkan kaki ke berbagai arah dan mengayun ke berbagai arah
mengikuti ketukan/tepuk tangan – (PJOK)
Subtema
3:
Manfaat Perubahan Benda dalam kehidupan (32 jam pelajaran)
·
Bermain
peran tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari – (PPKn)
·
Melakukan
permainan tradisional untuk membentuk rasa tanggung jawab – (PPKn)
·
Membaca
teks bacaaan non fiksi – (B.Ind)
·
Membuat
catatan tentang konsep penting dari setiap paragraf teks bacaan non fiksi – (B.Ind)
·
Memaparkan
konsep penting dari setiap paragraf teks bacaan non fiksi – (B.Ind)
·
Mendiskusikan penyelesaian masalah sehari-hari dengan
menggunakan kalor, contoh mendinginkan air panas dengan memberikan air dingin
atau es – (IPA)
·
Mengidentifikasi manfaat perubahan wujud benda dalam
kehidupan sehari-hari – (IPA)
·
Menyajikan
secara lisan dan/atau tertulis hasil
diskusi tentang: interaksi sosial di lingkungan masyarakat
serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat - (IPS)
·
Memperagakan
gerak tari daerah dengan menggunakan property – (SBDP)
·
Mempraktikkan
gerak kombinasi melangkahkan kaki dan mengayun ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk
tangan – (PJOK)
|
untuk unduh filenya, silahkan di:
https://docs.google.com/document/d/1A9OEFToLdiLZePdNt-GWBpLhm4Muv-BAcSDzR2XErso/edit?usp=sharing
https://docs.google.com/document/d/1A9OEFToLdiLZePdNt-GWBpLhm4Muv-BAcSDzR2XErso/edit?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar