MATERI UTS II KELAS 5 SEMESTER II (REVISI 2016)


Tema 6                : Kalor dan Perpindahannya

Alokasi Waktu     : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1   Menerima nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari  sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1    Bersikap jujur sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1   Memilah nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari  
4.1    Menceritakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari       
       

·       Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari  


Subtema 1:
Benda-Benda Penghantar Panas (32 jam pelajaran)
·       Mengamati gambar urutan proses pembuatan makanan yang diacak - (B.Ind)
·       Mengurutkan urutan gambar pembuatan makanan dengan tepat - (B.Ind)
·       Membuat narasi berdasarkan gambar - (B.Ind)
·       Menganalisis gambar pada saat proses memasak - (IPA)
·       Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas - (IPA)
·       Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor - (IPA)
·       Mendiskusikan perubahan suhu benda dengan konsep kalor dilepaskan dan kalor diterima oleh benda - (IPA)
·       Tanya jawab tentang letak geografis Indonesia dikaitkan dengan suhu udara sesuai dengan wilayahnya - (IPS)
·       Melakukan berbagai pola gerak dasar dalam senam - (PJOK)
·       Memahami perbedaan suhu dan kalor - (IPA)
·       Mengamati peta tentang karakteristik geografis Indonesia melalui peta sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agraris - (IPS)
·       Mengamati karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi - (IPS)
·       Mendiskusikan karekteristik kependudukan yang berbeda –beda di setiap propinsi dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila - (PPKn)
·       Mengidentifikasi skala pada peta tentang wilayah geografis Indonesia - (Matematika)
·       Membaca dan memahami konsep skala - (Matematika)
·       Mendiskusikan hubungan antara skala dan jarak  yang sebenarnya - (Matematika)

Subtema 2 :
Jenis – Jenis Perpindahan Kalor (32 jam pelajaran)
·      Mengamati gambar cerita kehidupan sehari-hari - (B.Ind)
·      Mencocokkan gambar cerita kehidupan sehari-hari  dengan kelima sila Pancasila (PPKn)
·      Membaca teks narasi tentang karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran, dan pertumbuhan) - (B.Ind)
·      Mendiskusikan pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi(IPS)
·      Memahami deskripsi tugas gerak kepada setiap pasangan kombinasi pola gerak dominan (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan gerak dasar senam menggunakan alat (melompat punggung teman dan melompat boxs lompat, dan kuda-kuda lompat)(PJOK)
·      Mempraktikkan pola gerak dominan senam lantai yang dimodifikasi dilandasi nilai-nilai sportivitas, kerja sama, disiplin, dan tanggung jawab(PJOK)
·      Mendiskusikan  jenis- jenis perpindahan kalor(IPA)
·      Melihat kartu undangan bergambar denah tentang lokasi suatu tempat (SBDP)
·      Menjelaskan konsep denah dengan menggunakan skala(Matematika)
·      Memahami proses pembuatan gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun) – (SBDP)

Subtema 3: Manfaat Perpindahan Kalor dalam Kehidupan Sehari-hari (32 jam pelajaran)
·      Menggambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun) yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila – (SBDP)
·      Menceritakan  kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita (komik, karikatur, kartun) yang berkaitan dengan nilai – nilai Pancasila(PPKn)
·      Mencocokkan gambar yang berkaitan dengan perpindahan kalor(IPA)
·      Menjelaskan konsep perpindahan kalor secara terurut (IPA)
·      Menjelaskan pemanfaatan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari(IPA)
·      Mengukur panjang dan lebar beberapa ruang di sekolah (Matematika)
·      Membuat denah beberapa ruang di sekolah dengan menggunakan skala tertentu(Matematika)
·      Melihat peta luas wilayah Indonesia dengan menggunakan skala tertentu(Matematika)
·      Menghitung luas wilayah sebagian provinsi tertentu  dengan menggunakan penghitungan skala(Matematika)
·      Menonton tayangan video/gambar senam(PJOK)
·      Membuat kreasi pola gerakan senam sesuai dengan iringan musik (PJOK)
·      Mempraktikkan gerakan senam sesuai iringan musik  - (PJOK)
Bahasa Indonesia
3.8   Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8   Menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi

·   Teks nonfiksi
Matematika
3.6 Menjelaskan skala melalui denah
4.6    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah
Denah dan Skala
·        Menentukan skala dari suatu denah
·        Membuat denah yang skalanya diketahui
Ilmu Pengetahuan Alam
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
Kalor dan Perpindahannya
·      Suhu dan kalor
·      Perpindahan kalor
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1   Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara  kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap  kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi

·   Letak dan luas Indonesia dalam peta
·   Kondisi alam wilayah Indonesia (iklim, geologi, bentuk muka bumi, flora, fauna)
·   Karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran, dan pertumbuhan)
·   Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya, dan transportasi
Seni Budaya dan Prakarya
3.1   Memahami gambar cerita
4.1   Membuat gambar cerita

·    Gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
·    Proses pembuatan gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.6    Menerapkan prosedur kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
4.6    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
Kombinasi pola gerak dominan senam lantai:
·      Melompat
·      Menggantung
·      Mengayun
·      Meniti
·      Mendarat



Tema 7             : Benda-benda di Sekitar

Alokasi  Waktu : 96 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2    Menerima dengan tulus makna kewajiban, hak, dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2    Mengemukakan pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2    Melaksanakan  kewajiban, hak,  dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


·     Kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai sebagai warga masyarakat

Subtema 1: Jenis – jenis benda di Lingkungan Sekitar (32 jam pelajaran)
·      Menyimak cerita/video/film/ gambar tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu dan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa – (PPKn)
·      Membaca wacana tentang  pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu dan tanggung jawab – (PPKn)
·      Membaca teks fiksi dan teks non fiksi – (B.Ind)
·      Membedakan konsep teks fiksi dan non fiksi – (B.Ind)
·      Menuliskan konsep-konsep penting pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri – (B.Ind)
·      Mengamati jenis-jenis benda di sekitarnya(IPA)
·      Membuat bangun ruang balok dan kubus dari kertas karton – (SBDP)
·      Menghitung volume bangun ruang balok dan kubus menggunakan rumus – (Matematika)
·      Mengamati fenomena pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda – (IPA)
·      Mengidentifikasi perubahan wujud benda – (IPA)
·       Mengamati gambar/foto/video/ teks bacaan tentang interaksi sosial dan hasil-hasil pembangunan di lingkungan masyarakat, serta pengaruhnya terhadap pembangunan  sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat – (IPS)
·       Mengamati beberapa gambar cerita – (SBDP)
·       Membuat ide baru tentang gambar cerita – (SBDP)
·       Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan ide yang sudah dibuat – (SBDP)
·       Mempraktikkan gerak melangkah ke berbagai arah dan mengayunkan lengan ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan – (PJOK)

Subtema 2:
Perubahan Benda (32 jam pelajaran)
·      Mencari informasi dari berbagai sumber belajar tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu dan percaya diri – (PPKn)
·      Berdiskusi tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan kerja sama dan toleransi – (PPKn)
·      Membaca teks bacaaan non fiksi – (B.Ind)
·      Membuat catatan tentang konsep penting yang ditemukan  dari setiap paragraf – (B.Ind)
·      Memaparkan konsep penting yg ditemukan dari setiap paragraf pada teks bacaan non fiksi  – (B.Ind)
·       Mengumpulkan informasi dari sumber lain  tentang interaksi sosial di lingkungan masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat – (IPS)
·      Membuat bangun ruang balok dan kubus dari kertas karton – (SBDP)
·      Mengenal rumus volume balok dan volume kubus – (Matematika)
·      Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan suhu dan wujud benda akibat perpindahan kalor(IPA)
·      Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda(IPA)
·      Mengidentifikasi jenis perubahan wujud benda – (IPA)
·      Memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor – (SBDP)
·      Mempraktikkan gerak melangkahkan kaki ke berbagai arah dan mengayun ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan – (PJOK)

Subtema 3:
Manfaat Perubahan Benda dalam kehidupan (32 jam pelajaran)
·      Bermain peran tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari – (PPKn)
·      Melakukan permainan tradisional untuk membentuk rasa tanggung jawab – (PPKn)
·      Membaca teks bacaaan non fiksi – (B.Ind)
·      Membuat catatan tentang konsep penting dari setiap paragraf teks bacaan non fiksi – (B.Ind)
·      Memaparkan konsep penting dari setiap paragraf teks bacaan non fiksi – (B.Ind)
·      Mendiskusikan penyelesaian masalah sehari-hari dengan menggunakan kalor, contoh mendinginkan air panas dengan memberikan air dingin atau es – (IPA)
·      Mengidentifikasi manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari – (IPA)
·      Menyajikan secara lisan  dan/atau tertulis hasil diskusi tentang:  interaksi sosial di lingkungan masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembangunan  sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat  - (IPS)
·      Memperagakan gerak tari daerah dengan menggunakan property – (SBDP)
·      Mempraktikkan gerak kombinasi melangkahkan kaki dan mengayun  ke berbagai arah mengikuti ketukan/tepuk tangan – (PJOK)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDN Dayeuhluhur 01: PERUBAHAN PROFIL SDN DAYEUHLUHUR 01